SBY pastikan Indonesia siap masuki AEC 2015

cuma kurang daripada dua setengah tahun dulu, namun presiden susilo yudhoyono hendak meyakinkan kesiapan indonesia guna menyongsong komunitas ekonomi asean (asean economic community/aec) di 2015 nanti.

jangan sampai mengeluh tidak siap, tak siap. berhenti untuk mengatakan tidak siap terlebih mengeluh, 'lets do something together, ujarnya pada pers nasional, selama pernyataan setengah berbahasa inggris, pada bandar seri begawan, brunei darussalam, jumat.

menuju aec 2015 dibutuhkan sejumlah persyaratan keterpaduan juga konektivitas di seluruh aspek di diantara negara anggota asean, mulai daripada tataran hukum, birokrasi juga perundangan, infrastruktur fisik, dan kesamaan persepsi juga kultur tatakelola.

indonesia cuma sempit menganggarkan apbn-nya supaya pemeliharaan serta pengadaan infrastruktur. dibanding agar infrastruktur, lebih banyak anggaran apbn supaya subsidi bbm dan dipacu penyedia mobil pribadi berbasis ketidakberesan sistem transportasi massal.

Informasi Lainnya:

untuk tersebut, berdasarkan yudhoyono, langsung membentuk komite memastikan kesiapan indonesia menyongsong komunitas ekonomi asean 2015. dirinya telah menugasi menteri koordinator perekonomian, hatta rajasa, agar membentuk komite itu.

komite tersebut hendak diisi dari semua kelompok masyarakat, mulai daripada pemerintah pusat, pemerintah daerah, pengusaha, serikat pekerja, serta kaum ahli. mereka mau mengindentifikasi sektor-sektor industri di menyongsong komunitas ekonomi asean. diharapkan di 2,5 tahun bisa diperbaiki hal-hal dan dinilai kurang.

dia menyakini, komunitas ekonomi asean bisa memperbaiki perekonomian kawasan. integrasi ekonomi tersebut juga meningkatkan mobilitas modal, manusia juga barang serta jasa di kawasan. indonesia mesti bisa memetik hal dan lebih bagus dari integrasi ekonomi itu.

indonesia tidak bisa menjadi the looser, kita mesti merupakan the winner, ujarnya terhadap insan pers indonesia, ada selama bahasa inggris dulu.