Jamsostek serahkan santunan Rp2,22 miliar pada ABK

pt jamsostek menyerahkan santunan senilai rp2,22 miliar pada ahli waris 11 anak buah kapal pt pelayaran tirtacipta mulyapersada yang tewas juga hilang saat kapal tirta samudera xxi dan mereka awaki tenggelam dalam karimun jawa, 10 januari 2012.

direktur pelayanan pt jamsostek achmad riadi ketika memberikan bantuan dengan simbolis terhadap salah Satu ahli waris selama acara konsultasi teknis dokter penasehat tingkat nasional 2013 pada batam, rabu menungkapkan pihaknya masih dapat membayarkan santunan sebab menanti kesiapan ahli waris.

kapal tirta samudera xxi dan bermuatan minyak sterin berangkat dari pelabuhan plaju marina, palembang, menuju pelabuhan gresik. dalam perairan karimun jawa kapal murah ke kanan 12 derajat dan bocor setelah sebelumnya terombang ambing akibat cuaca buruk.

segala upaya diselenggarakan abk untuk menghubungi tim sar semarang dan basarnas pusat, akan tetapi kapal tak bisa diselamatkan. kaum abk lalu menyelamatkan diri melalui memakai life raft serta sekoci.

tim sar semarang melalui pantauan helikopter sempat melihat para abk juga menyerahkan bantuan logistik, tetapi ketika ingin meminimalkan alat komunikasi gagal diselenggarakan karena terhalang kabut serta sekoci hilang daripada pantauan.

Baca Juga: cincin perak murah - cincin pasangan murah - perak murah - perak murah

tim basarnas menggarap pencarian 11--17 januari serta menemukan dua korban tewas, sembilan hilang juga Satu selamat.

pt jamsostek batam ii telah melayani laporan kasus tersebut melalui email di 22 januari 2013. proses pembayaran baru bisa dilaksanakan pada april sebab menunggu surat keputusan dari basarnas dan kelengkapan berkas daripada tiap-tiap ahli waris dan tersebar di berbagai wilayah indonesia.

total mutu santunan rp2,22 miliar kepada ke-11 korban. bantuan diserahkan oleh dirjen pembinaan pengawasan ketenagakerjaan kemenakertrans muji handoyo melalui ditemani riadi serta kakanwil ii pt jamsostek marseli tamboyong dengan disaksikan oleh gm pt pelayaran tirtacipta mukyapersada wagiman dan kurang lebih 57 dokter audien pertemuan dokter penasehat.

sri hartati, isteri dibandingkan abk almarhum kambali melayani bantuan senilai rp103,1 juta. penerima santunan lainnya adalah ahli waris dari alfenus panjaitan, alim yusuf, david banjarnahor, hasanuddin, herry martuanto, ibrahim. izak steven, m lutfi ulsar iskandar, muttaqin dan pengizinta sitepu.

besaran bantuan bervariasi sesuai melalui kualitas upah dan dilaporkan. besaran santunan terkecil rp79 juta juga paling besar rp465 juta.

pt pelayaran merupakan perusahan binaan pt jamsostek kantor cabang batam ii serta terdaftar sejak februari 2011, mengikuti tiga program jaminan sosial dengan total 345 pekerja yang terdaftar aktif dan total membayar iuran rp128 juta perbulan.

pt jamsostek kantor cabang batam ii pada kemarin telah membayar garansi kecelakan kerja senilai rp4.465 miliar agar 2.669 angka.