PM Palestina Fayyad mundur

perdana menteri palestina salam fayyad secara dipercaya memberikan pengunduran dirinya terhadap presiden mahmud abbas pada sabtu, papar betul pejabat palestina.

fayyad berhadapan abbas di setengah produk selama markas presiden selama ramallah dalam tepi barat dan dengan terjamin memberikan pengunduran tertulisnya, kata pejabat tersebut terhadap afp.

abbas serta fayyad sudah berselisih karena kritik kebijakan ekonomi perdana menteri yang memuncak di pada gerakan fatah dan berkuasa, sementara washington telah melobi keras bagi ekonom berpendidikan as itu agar tetap selama posnya.

jumat, menteri luar negeri as john kerry menelepon abbas agar meminimalkan dia mendapatkan kesamaan melalui perdana menteri, papar para pejabat palestina.

Informasi Lainnya:

desas-desus kiranya fayyad hendak mengundurkan diri ataupun disuruh mundur dengan abbas telah marak di beberapa pekan terakhir sesudah perbedaan berlarut antara dua tokoh tersebut mengenai portofolio keuangan.

menteri keuangan nabil qassis mengumumkan pada 2 maret bahwa ia mengundurkan diri. fayyad menyetujui pengunduran diri itu namun abbas, yang berada pada luar negeri pada ketika tersebut, menolaknya.

fayyad memegang portofolio keuangan serta perdana menteri sebelum penunjukan qassis dalam mei 2012.

satu pertemuan yang direncanakan kamis pada mana betul pejabat senior fatah mengatakan bahwa fayyad yang bermaksud untuk menyerahkan pengunduran dirinya ditunda sesudah washington bersikeras bahwa dia dan paling pas sebagai perdana menteri.

pekan lalu, dewan revolusioner fatah untuk pertama kalinya secara terbuka mengkritik kebijakan ekonomi pemerintah fayyad.

otoritas palestina dipimpin abbas berada selama krisis keuangan yang serius, sebagian dibuat akibat dana asing yang dijanjikan belum dicairkan, meski kongres as diam-diam tak memblokir 500 juta dolar as selama santunan bulan lalu.

masyarakat internasional memuji fayyad melalui mengembangkan kerangka kelembagaan agar otoritas palestina pada wilayah tepi barat yang berada selama bawah kendalinya.

pengunduran dirinya bisa menghambat pelaksanaan kesepakatan dengan israel yang diumumkan menlu kerry pekan ini agar mengiklankan pembangunan ekonomi di tepi barat.