Banjir Aceh Barat landa 322 desa

bupati aceh barat t alaidinsyah menyebutkan banjir melanda sebanyak 322 desa dan tersebar dalam 12 kecamatan, namun tidak banyak korban jiwa pada bencana tersebut.

sejauh ini tak ada korban jiwa juga kami berharap hujan tidak lagi berkurang. kondisinya saat ini telah darurat dan warga kita minta tetap jangan sembarangan, katanya selama meulaboh, sabtu malam.

saat mengunjungi tujuan pengungsian dalam kecamatan johan pahlawan, bupati alaidinsyah menungkapkan kawasan terparah dilanda banjir merupakan woyla timur dan berjarak kurang lebih 50 kilometer arah utara meulaboh.

didampingi kepala jenis kedaruratan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) aceh barat dedek risman, ia menungkapkan berbagai tim siaga bencana sudah siaga disejumlah lokasi serta mengevakuasi warga ketempat lebih alami.

Informasi Lainnya:

menurut alaidinsyah, meski tidak banyak korban jiwa, kerugian diperkirakan lumayan sulit karena ada empat unit rumah penduduk dan jembatan rusak dalam kecamatan pante ceureumen, serta woyla timur.

untuk kerugian masih di pendataan. hal yang jelas ketika ini banyak padi petani dan telah selama panen hanyut akibat banjir, katanya menambahkan.

sementara tersebut dedek risman menambahkan, pihaknya mendirikan dapur umum selama desa pasie mesjid kecamatan johan pahlawan, akan tetapi agar kecamatan yang lain cuma dikirim logistik melalui perahu karet.

lebih 5.000 jiwa yang telah didata untuk pengungsi serta mendapat jatah bantuan logistik.

warga woyla timur juga kecamatan lain tak ingin dievakuasi karena tersebut kita cuma mengirimkan logistik sebab disana mereka mengungsi dalam kawasan lebih tinggi dan sifatnya berpencar-pencar, ujarnya menambahkan.

samsuar, salah asli pengungsi korban banjir asal desa pasie masjid johan pahlawan mengaku desanya telah seringkali dilanda banjir.

seharusnya dibangun tebing dipingir sungai serta saluran air dibenahi, sebab banjir disini disamping penentu hujan juga sungai meureubo itu paling mengancam, apalagi pemukiman kami tidak jauh dengan aliran sungai, ujarnya.

banjir serta mengakibatkan terputusnya arus transportasi darat meulaboh-tutut karena ketingian air selama bada jalan hampir Salah satu meter.