55,2 juta UKM butuh dukungan IT

55,2 juta unit usaha kecil serta menengah di sejumlah wilayah indonesia membutuhkan dukungan kooperasi serta teknologi, sementara jumlah koperasi selama indonesia 192 ribuan, tutur menteri koperasi dan ukm syarief hasan.

itu artinya masih diperlukan penambahan angka koperasi khusus agar wilayah pedesaan. tapi tentunya harus dilengkapi dengan teknologi bersistem info, papar syarief ketika berkunjung ke kampar, riau, supaya meresmikan kabupaten itu dijadikan kabupaten koperasi nasional, selasa.

menkop memperkirakan kurang lebih 50 persen dari 192 ribu koperasi berada di pedesaan, tergolong desa-desa tertinggal.

dia menyebutkan para pelaku ukm dalam sederat desa tertinggal tidak berkembang, malahan terancam gulung tikar.

Informasi Lainnya:

untuk itu, kementerian koperasi serta ukm membentuk web yang mensinerhikan ukm dan koperasi melalui dukungan teknologi.

syarief menyatakan sudah waktunya koperasi serta ukm memanfaatkan teknologi, terutama teknologi info serta komunikasi (tik) dan dapat mendongkrak produktivitas dan kinerja.

teknologi menurut syarief bisa memperbaiki daya saing pilihan, jasa serta kinerja koperasi serta ukm indonesia, juga menurunkan uang operasional.

kami mengharapkan koperasi beralih dari sistem pembukuan manual ke sistem akuntansi digital dan terintegrasi, ujarnya.

menurut dia, jumlah ukm pada indonesia semua tahun selalu meningkat dengan rata-rata tumbuh 7 - 8 persen. saat ini tercatat 55,2 juta unit ukm pada indonesia juga diprediksi menjadi 58 juta unit dalam 2014, sedangkan koperasi, banyak sekitar 192.000 unit.