London siaga hadapi pesta rayakan kematian Thatcher

polisi berjaga-jaga sabtu ini di london demi menghadapi kumpulan massa penentang margaret thatcher yang akan merayakan kematian mantan perdana menteri inggris itu selama lapangan trafalgar.

walikota london boris johnson menungkapkan pihak berwenang telah bersiap menghadapi kemungkinan kekerasan setelah kerusuhan meledak di sederat jalan belum berlarut di pekan ini.

kekerasan inilah yang mendasari pengamanan ketak di pemakaman si hawa besi dalam ibukota london rabu pekan nanti dan akan dihadiri ratu elizabeth ii, perdana menteri david cameron serta 2.000 undangan, tergolong para pemimpin politik juga dunia.

mantan calon presiden as dari kubu republik newt gingrich, tim berners-lee sang penemu world wide info, perdana menteri kanada stephen harper serta mantan perdana menteri australia john howard merupakan antara tamu yang bakal menghadiri pemakaman thatcher.

Informasi Lainnya:

tak ada demonstrasi formal dan terorganisasi sabtu ini, namun hampir 1.500 pihak sudah berjanji pada facebook untuk menghadiri pesta 'thatchers dead dalam lapangan trafalgar pukul 6 sore masa setempat (produk 12 dini hari wib nanti).

para wakil buruh tambang dan melawan thatcher dalam 1985, berencana menjelajah ibukota bersama mahasiswa dan kelompok-kelompok kiri, lapor koran the guardian seperti dikutip afp.

juru bicara scotland yard mengatakan kaum petugas sudah menyaksikan sejumlah pihak yang menyatakan mau pilih bagian dalam demonstrasi sabtu ini.

walikota london mewanti-wanti polisi supaya tidak mencari kekerasan selama menghadapi demonstrasi ini.

kita hidup selama alam demokrasi dalam mana orang berhak agar unjuk rasa, mereka berhak bersenang-senang serta menggarap bagaimana dan diinginkannya, tutur johnson terhadap radio lbc perihal penampilan pada lapangan trafalgar itu, demikian afp.