IMI minta para caleg pahami visi maritim

indonesia maritime institute (imi) minta para calon anggota legislatig (caleg) jangka waktu (2014-2019) agar memahami negara maritim, karena dengan geografis wilayah indonesia 75 persennya merupakan laut, sehingga kelak terpilih menjadi anggota parlemn bisa membuat kebijakan dan berwawasan maritim (kelautan).

saya harapkan kaum caleg ini diberi pemahaman tentang visi maritim. agar ketika mereka duduk pada dpr ri maupun dprd setelah itu tak salah selama mencari keputusan ataupun kebijakan pembangunan bangsa dan negara ini, papar direktur eksekutif imi y paonganan pada pers, dalam jakarta, minggu.

menurut paonganan, alasan pemahaman visi maritim terhadap kaum caleg , sebab anggota dpr saat ini tidak ada yang paham perihal kondisi laut indonesia.

di komisi iv banyak dibicarakan perihal pertanian juga kehutanan saja. padahal pengelolaan laut harusnya lebih dominan sesuai kondisi realistik geografis juga geostretegis. pada komisi v, kebijakan-kebijakan mengenai transportasi laut juga belum adalah prioritas, katanya.

Informasi Lainnya:

paonganan dan biasa disapa ongen itu menungkapkan bukan saja komisi selama dpr dan berhubungan langsung melalui laut yang mesti memahami maritim. komisi tentang studi serta kebudayaan juga sangat usah memahami tentang kondisi geografis indonesia, keberagaman budaya, bahasa serta suku bangsa sebab indonesia terdiri atas ribuan pulau.

tentu kondisi ini sangat erat kaitannya melalui keberagaman tersebut. belum dulu masih kurangnya materi kemaritiman dalam kurikulum studi nasional, katanya.

ongen juga menyatakan, komisi pada dpr dan membidangi energi, migas dan mineral tak dapat mengabaikan laut, karena 90 persen potensi migas juga mineral malahan ada selama laut, belum dulu potensi energi laut dan belum termanfaatkan sama sekali.

selain tersebut, ujarnya, tidak kalah pentingnya adalah komisi pertahanan. melalui konfigurasi geopolitik dan geostrategis nkri yang terlalu strategis, sistem pertahanan negara harusnya ditata ulang serta lebih menjual kekuatan pertahanan laut, dan apa menjaga potensi sumber ekonomi maritim dan nilainya sangat fantastis.

oleh sebab itu, imi membuka pintu terhadap kaum caleg supaya bertukar pikiran pemahaman perihal kemaritiman.

kami siap kapan dan dimana saja, sebab imi mempunyai agenda rutin dan khusus membahas mengenai maritim. semisal dialog bentang bahari baharu dan digelar semua bulan. ini khusus membahas perihal potensi-potensi maritim indonesia, itulah paonganan.