Kemhan bangun pusat "cyber defence"

kementerian pertahanan mau mengembangkan pusat pertahanan siber serta cyber defence untuk memelihara kedaulatan serta keutuhan wilayah negara kesatuan republik indonesia (nkri) daripada kejahatan dunia maya.

hal itu terungkap saat menteri pertahanan purnomo yusgiantoro berhadapan melalui menteri komunikasi dan info tifatul sembiring selama kantor kemenkominfo, jakarta, selasa sore.

kami minta saran kepada kemenkominfo supaya mengembangkan `cyber defence` karena kementerian ini yang punya kapasitas membangun `cyber security`, kata menhan usai bertemu menkominfo tifatul sembiring.

pembangunan pertahanan siber tersebut, kata dia, serta menyertakan tiga angkatan, yaitu tni angkatan darat, tni angkatan laut, dan tni angkatan udara. kemkominfo ingin membantu tata kelola, infrastruktur, peralatan, juga sumber daya manusianya.

menurut purnomo, ancaman serius pada kedaulatan dengan dunia maya sudah belum tampak. ada upaya ancaman dan pada ini terjadi, tapi belum dikategorikan untuk ancaman pertahanan negara.

Baca Juga: Dealer Honda - Harga dan Informasi Mobil Honda - Dealer Honda Jakarta

sifatnya masih mikro namun kita tetap harus hati-hati, ujarnya.

menkominfo, tifatul sembiring, menyampaikan, serangan ke dunia maya cenderung meningkat selama tiga tahun terakhir. dimana tercatat, banyak sebanyak 36,6 juta kali serangan pada indonesia, yang sebagian sulit merupakan ekonomi.

agar tingkat keamanan siber kuat maka kita mesti berkoordinasi dengan kementerian serta lembaga negara yang lain, katanya.

saat ini kemkominfo tengah menyiapkan sebuah badan bernama `national cyber security` supaya mengantisipasi ancaman kaum peretas. badan ini akan menaungi seluruh cyber defence yang dikembangkan kementerian serta lembaga.

selain kemhan juga tni, banyak lembaga lain yang dilibatkan, antara lain, polri, badan intelijen negara (bin), lembaga sandi negara, badan narkotika nasional (bnn), badan nasional penanggulangan terorisme (bnpt) juga instansi dan mengenai segera dengan masalah keamanan, tergolong instansi yang mengurusi persoalan umum seperti bandara, bursa efek dan lainnya.